Minggu, 20 November 2011

Rumah Aisyah on Report

SEMINAR KECANTIKAN OLEH DEPT.KEPUTRIAN FSI-FIB UNAND
By: Heny Ernawati
Berbagai pemikiran dari barat sudah sangat meracuni anak negeri dewasa ini yang didukung dengan adanya kemudahan-kemudahan dalam mengaksesnya seperti televisi, majalah, radio, iklan, internet dan media-media lainnya, sehingga menghilangkan jati diri kita sebagai putra dan putri bangsa Indonesia, dan yang lebih parah lagi menghilangkan jati diri kita sebagai seorang muslim. Padahal budaya barat dan budaya timur yang mayoritas muslim kita memiliki kontras budaya yang amat jauh, namun kini kita lihat  tenyata banyak dari kita yang lebih bangga jika bisa meniru budaya-budaya dari barat yang bertentangan dengan budaya dan agama kita. Perang pemikiran (Ghazwul Fikri) ini sangat mudah lagi jika ditujukan pada wanita, yaitu mode-mode pakaian, asesoris, dan pernak-pernik lainnya seperti barang-barang kosmetik yang tidak bisa dipisahkan dari seorang wanita termasuk muslimah.
Ditengah maraknya produk-produk kecantikan di pasaran yang tidak lagi memperdulikan kehalalan atau keamanannya, muslimah yang menjadi mayoritas penduduk Indonesia banyak kebingungan harus bersikap bagaimana. Dan untuk di Padang sendiri, atau lebih tepatnya di Universitas Andalas, Dept. Keputrian dari Forum Studi Islam-Fakultas Ilmu Budaya mengadakan Seminar Kecantikan yang menelaah dari sisi keislaman dan kesehatannya dengan “Secantik Aisyah, Alhamdulillah Ya?” sebagai fasilitator bagi muslimah untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu, 09 November 2011 di ruang seminar gedung E2.1, yang di mulai sejak pukul 08.00 am dan dibuka secara resmi oleh Pembantu Dekan II Dra. Noviatri, M.Hum, namun sebelumnya juga ada kata sambutan dari ketua panitia Amelia Putri dari jurusan Sastra Indonesia 2009 dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua keputriannya yaitu Heny Ernawati dari jurusan Sastra Inggris 2009. Kemudian acara  baru berakhir pada pukul 12.15 pm dengan berbagai kegiatan seru dan mendidik.
Seminar ini memang dikhususkan bagi muslimah saja dengan insert hanya Rp15.000,00 mereka bisa mendapatkan snack, sertifikat, souvenir cantik, dan yang lebih penting lagi yaitu ilmu dari seminar itu sendiri. Pada kegiatan ini pihak penyelenggara menghadirkan 3 orang pembicara, yaitu Dr. Dian Fitriany sebagai pembicara untuk sesi pertama, beliau merupakan staf pengajar di Unand tepatnya di Fakultas MIPA jurusan Fisika. Materi pertama membahas kecantikan dari sisi keislamannya, bagaimana cantik apa makna cantik yang sebenarnya  menurut kacamata islam. Kemudian dilanjutkan dengan materi ke-2 bersama Dr. Irdawati Izrul, SpKK yang membahas kecantikan dari sisi kesehatannya. Dan pembicara terakhirnya adalah Yossy Antama Novesy, S.H, beliau merupakan direktur Rumah Aisyah ‘salon n spa muslimah’ yang menjadi sponsored utama untuk kegiatan ini. Pada materi terakhir ini merupakan pengenalan tentang ke-RumahAisyah-an kepada peserta.
Pada acara kali ini, Dept. Keputrian FSI-FIB menyediakan sebuah doorprise utama yaitu berupa Mukena cantik seharga kurang lebih 200.000 kepada peserta terbaik. Peserta terbaik ini memiliki criteria datang lebih awal dari yang di jadwalkan, aktif di dalam ruangan, dan apresiasi terhadap acara seminar ini. Dan doorprise utama ini pun akhirnya dimenangkan oleh Zulfatri ananda, mahasiswa FISIP jurusan sosiologi 2009. Sebagai hiburan, panitia juga menyiapkan Nasyid oleh “Sakura Voice” dari fakultas MIPA dan juga “Teater Pelangi” dari Dept.Keputrian FSI-FIB sendiri disela-sela acara.
Kegiatan ini juga bekerja sama dengan radio Sang Surya 98.3 FM untuk meliput apa-apa saja kegiatan yang terjadi pada saat acara, dan liputan ini bersifat LiveReport. Tidak hanya itu saja, 3 laskar (title untuk penyiar  Sang Surya) turun ke lapangan langsung, 2 laskar diantaranya laskar Nabila Zahira dan Nayla mutmainnah mengambil andil sebagai host, dan satu laskar lagi, yaitu laskar Afifah Adzahra bertugas untuk  melaporkan kegiatan tersebut secara LIVE.
Dan Alhamdulillah, acara seminar kecantikan ini secara keseluruhan berjalan lancar dan sukses. Semoga ilmu yang telah diperoleh peserta tersebut tidak hanya menjadi ilmu yang ada didalam pikiran saja, tetapi harus ada pengaplikasiannya. Sesuai dengan tujuan penyelenggaranya, yaitu memuslimahkan muslimah, khususnya di lingkungan Universitas Andalas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar